Latest Posts

Perlukah Kita Beralih ke TWS Bluetooth Earphone?

Sejak iPhone 7 diluncurkan tanpa audio jack 3,5mm, bluetooth earphone semakin semakin banyak digunakan oleh pengguna ponsel. Teknologi yang disebut dengan True Wireless Stereo (TWS) ini memungkinkan Anda untuk mengakses audio dari ponsel tanpa hubungan kabel. Koneksi yang digunakan pada TWS adalah konektivitas bluetooth antara ponsel dengan earphone.

Berbagai produsen smartphone terbesar di dunia seperti Apple, Xiaomi, dan Samsung telah berlomba untuk mengeluarkan inovasi terbaru dalam teknologi TWS. Penjualan TWS pun semakin meroket. Penjualan TWS yang mulai diperkenalkan pada tahun 2016 meningkat hingga lebih dari tiga kali lipat dalam waktu dua tahun saja. Jika di tahun 2016 penjualan TWS mencapai 15 juta unit, maka pada tahun 2018 penjualannya dapat mencapai 51 juta unit.

TWS memang memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan earphone yang menggunakan kabel. Namun perlukah Anda mengganti earphone kabel Anda dengan TWS? Mari kita pelajari dulu kelebihan dan kekurangan TWS.

Kelebihan memakai TWS yang pertama adalah Anda dapat lebih bebas bergerak tanpa terganggu kabel. Pernahkah kabel earphone Anda tanpa sengaja tercabut karena gerakan Anda? Dengan memakai TWS Anda tidak perlu mencemaskan hal ini lagi. TWS juga memiliki jangkauan hingga 10 meter. Artinya, Anda masih dapat mendengarkan musik dari HP meskipun Anda terpisah dari HP dengan jarak maksimal 10 meter. Anda dapat memakai TWS saat latihan yoga, memasak, bersih-bersih rumah, dan kegiatan lainnya tanpa perlu membawa ponsel di tangan Anda.

Beberapa tipe TWS juga telah dilengkapi dengan fitur waterproof sehingga aman saat terkena keringat jika dipakai saat berolahraga. Gerakan olahraga Anda juga menjadi lebih bebas tanpa terganggu kabel.

Kelebihan yang kedua adalah Anda dapat berbagi musik dengan lebih fleksibel. TWS dapat digunakan untuk satu atau dua telinga. Anda dapat berbagi musik yang Anda dengar dengan orang lain tanpa terbatas kabel.

Namun, memakai TWS juga harus lebih berhati-hati. Bentuknya yang kecil serta tanpa kabel, dan terpisah antara earphone kanan dan kiri membuat resiko terselip atau hilang menjadi lebih besar. TWS juga memiliki komponen yang lebih kompleks daripada earphone kabel biasa, dan hal ini dapat menyebabkan TWS lebih rentan. Jika earphone kabel tidak apa-apa saat terjatuh atau terlempar, saat Anda beralih ke TWS Anda perlu menjaganya agar tidak sering terjatuh. TWS juga menggunakan daya baterai. Jadi, Anda perlu mengecek apakah TWS Anda perlu charging. Seperti halnya HP, jika baterainya habis maka TWS tidak dapat digunakan.

Samsung Keluarkan Ponsel 5G dengan Harga Termurah

Indonesia sedang bersiap menyambut jaringan 5G, jaringan nirkabel terbaru dengan koneksi Internet yang jauh lebih cepat dari 4G. Tetapi sudah siapkah Anda dengan ponsel yang memiliki fitur dukungan jaringan 5G? Jika belum, segera ganti ponsel Anda agar dapat menikmati koneksi Internet 5G yang super cepat. Samsung menghadirkan ponsel 5G termurah yang bisa menjadi pilihan Anda.

Samsung akan segera mengeluarkan Galaxy A42 yang merupakan ponsel 5G paling murah saat ini. Harga Samsung Galaxy A42 dibanderol pada $455 atau sekitar 6 jutaan. Samsung Galaxy A series memang terkenal sebagai seri Galaxy yang paling terjangkau namun dengan spesifikasi yang paling sederhana.

Samsung Galaxy A42 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 750G terbaru. Prosesor ini lebih kuat daripada Google Pixel 4A yang menggunakan Snapdragon 730G, tetapi tidak sekuat Pixel 4A 5G yang menggunakan Snapdragon 765G.

Samsung Galaxy A42 hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, abu-abu, dan putih. Pada bagian belakangnya terdapat variasi gradasi warna yang semakin pekat pada bagian atasnya.

Pada desain belakang juga terlihat ada empat macam kamera, yaitu kamera 48 megapixel wide, 5 megapixel makro, 8 megapixel ultrawide, dan kamera 5 megapixel wide sensor. Galaxy A42 juga memiliki kamera depan 20 megapixel.

Samsung Galaxy A42 5G dilengkapi dengan layar lebar OLED 6,6 inci yang menampilkan gambar sejernih kristal untuk kepuasan Anda saat menonton video. Galaxy A42 hadir dengan 3 pilihan RAM, yaitu 4GB, 6GB, dan 8GB. Ponsel ini memiliki memori internal 128GB dan terdapat support microSD card hingga 1TB.

Untuk keamanan dan kenyamanan pengguna, Samsung Galaxy A42 5G dilengkapi dengan sensor sidik jari in-display yang akan memudahkan Anda untuk mengakses ponsel hanya dengan menyentuh layar.

Untuk ketahanan baterai, Anda tak perlu khawatir. Ponsel ini hadir dengan daya baterai 5.000mAh dan juga memiliki fitur 15W fast charging untuk mengisi daya dengan lebih cepat.

Jika dibandingkan dengan pendahulunya yaitu Galaxy A41 yang memiliki daya baterai 3500mAh, tentu Samsung Galaxy A42 ini jauh lebih unggul. Tetapi karena daya baterai yang tinggi ini, ukuran ponsel pun menjadi lebih besar dan lebih berat. Samsung Galaxy A42 memiliki ukuran 164,4×75,9×8,6mm dan memiliki berat 190 gram.

Dengan fitur yang cukup memukau dan juga dukungan teknologi 5G, Samsung Galaxy A42 layak menjadi rekomendasi ponsel baru. Selain itu, harganya yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan ponsel 5G lainnya membuat ponsel ini layak untuk dicoba.

Cara Menampilkan Status Covid di Google Maps

Kondisi pandemi Covid-19 di dunia kini semakin memprihatinkan. Kita harus selalu ekstra hati-hati dan tidak ketinggalan informasi mengenai status Covid di Indonesia dan di negara-negara lain di dunia. 

Banyak cara untuk mengakses update Covid-19 lewat handphone atau gadget lainnya. Bisa dari portal resmi lembaga kesehatan pemerintah, lewat sosial media, atau portal yang menyajikan informasi statistik lainnya.

Kini, update status Covid-19 di dunia dapat diakses dengan praktis dan mudah lewat aplikasi Google Maps. Rasanya hampir semua pengguna Android adalah pengguna setia aplikasi satu ini. Jumlah total pengguna aplikasi Google Maps sendiri kini lebih dari 1 milyar pengguna di dunia perbulannya.

Sujoy Banerjee, Product Manage Google Maps menjelaskan bahwa update terbaru Google Maps akan menyajikan informasi mengenai Covid-19 di suatu negara. Jadi para pengguna akan memiliki gambaran status Covid-19 di area tertentu sehingga dapat membantu pengguna untuk mengambil keputusan yang tepat dan langkah apa yang harus diambil.

Cara untuk menampilkan informasi Covid-19 di aplikasi Google Maps adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan aplikasi Google Maps Anda telah diperbarui dengan versi terbaru. Jika Anda telah menyetel pembaruan aplikasi otomatis, maka Anda sudah langsung dapat menggunakan fitur ini. Jika belum, lakukan pembaruan pada aplikasi Google Maps terlebih dahulu.
  2. Setelah melakukan pembaruan aplikasi, buka aplikasi Google Maps.
  3. Ketuk icon Layer pada sisi kanan atas layar, tepat di atas icon arah mata angin.
  4. Ketuk pilihan Info Covid-19 pada menu Detail Peta, lalu ketuk OK.
  5. Zoom out (perkecil tampilan) peta untuk melihat status Covid-19 di Indonesia dan negara-negara lain di dunia.

Informasi yang ditampilkan adalah angka yang menunjukkan rata-rata kasus baru Covid-19 dalam 7 hari per 100.000 penduduk di suatu negara. Saat ini Indonesia menunjukkan angka 1.7 yang artinya ada rata-rata 1.7 kasus baru per 100.000 penduduk dalam 7 hari. Ada juga informasi yang menunjukkan kasus Covid-19 meningkat atau menurun. Saat ini Indonesia ada dalam status meningkat.

Informasi lainnya adalah warna daerah dalam peta yang menunjukkan jumlah kasus Covid-19 per 100.000 penduduk dengan keterangan sebagai berikut:

  • Abu-abu : kurang dari 1 kasus.
  • Kuning : 1 hingga 10 kasus.
  • Oranye : 10 hingga 20 kasus.
  • Oranye tua : 20 hingga 30 kasus.
  • Merah : lebih dari 40 kasus.

Referensi informasi Covid-19 yang digunakan Google Maps diantaranya berasal dari Wikipedia, JHU CSSE Covid-19 Data, The New York Times, dan Brihanmumbai Municipal Corporation.

 

Pakar IT Ungkap Modus Pencurian Kode OTP

Bagi Anda yang sering bertransaksi secara online dengan smartphone tentu tidak asing dengan istilah OTP atau one time password atau kode verifikasi. Misalnya saat bertransaksi secara online dengan kartu kredit, OTP akan dikirimkan melalui SMS ke nomor HP yang terdaftar pada kartu kredit untuk memverifikasi transaksi yang akan dilakukan. Hal ini dilakukan untuk keamanan bertransaksi secara online. Jadi hanya pemegang nomor HP yang terdaftar lah yang dapat mengkonfirmasi dan melanjutkan pembayarannya.

Akan tetapi, nyatanya OTP belum 100% aman. Dalam satu bulan, Kepolisian mencatat sebanyak 649 laporan penipuan dengan cara pencurian OTP. Modus pelaku pencurian pun bermacam-macam, hingga dapat mencuri dari akun jual beli yang dimiliki korban atau dari kartu kredit dan kartu debit korban. Modus pencuriannya pun bermacam-macam.

Menurut pakar IT BSSN, modus pertama yang dapat dilakukan hacker untuk mencuri OTP adalah dengan menyadap sinyal GSM, WiFi, atau sinyal SS7 yang digunakan korban. Jadi SMS yang mengirimkan OTP dapat disadap dan diakses oleh pelaku.

Modus yang kedua adalah dengan mengirimkan virus atau malware ke HP korban. Biasanya malware atau trojan ini disembunyikan dalam bentuk link yang mengarahkan korban untuk membukanya. Saat membuka link ini, virus akan otomatis terpasang di HP korban. Saat aplikasi malware terpasang, pelaku dapat menyadap HP korban dan melakukan transaksi online dengan bebas, termasuk transaksi dengan pengamanan kode verifikasi. Maka berhati-hatilah saat ada SMS atau chat dari nomor yang tidak dikenal yang meminta Anda untuk membuka link tertentu.

Modus yang ketiga adalah penipu berpura-pura menjadi pemilik nomor ponsel dan datang ke gerai customer service untuk mengganti sim card karena rusak atau hilang. Modus ini sudah banyak terjadi. Dengan menguasai nomor HP korban, pelaku penipuan dapat menguras habis rekening dan bebas bertransaksi yang menggunakan OTP.

Modus yang keempat adalah penipu dapat menelepon korban berpura-pura sebagai customer service aplikasi tertentu dan meminta data diri korban, lalu menanyakan kode OTP. Pelaku penipuan juga kadang melakukan SMS blasting ke banyak nomor untuk menanyakan OTP, dan menunggu jika ada orang yang merespon SMS permintaan OTP tersebut.

Dengan semakin majunya dunia teknologi, penipuan secara cyber atau cyber hacking pun semakin marak. Tetaplah waspada dan selalu ikuti perkembangan teknologi dan smartphone agar Anda dapat menghindari modus penipuan ini. Jangan sembarangan membuka link yang tidak dikenal, dan ingat bahwa OTP bersifat rahasia, jangan membagikannya dengan siapapun.

Cara Menghemat Kuota Internet di Android Saat SFH dan WFH

Dalam kondisi physical distancing saat ini, komunikasi jarak jauh dengan menggunakan Internet menjadi pilihan terbaik untuk aktivitas sehari-hari dari belajar hingga bekerja. Anak-anak belajar dengan cara school from home (WFH) dan sebagian besar orang tua kini mengutamakan bekerja dari rumah atau work from home.

Komunikasi secara daring (dalam jaringan) dengan SFH dan WFH tentu membutuhkan kuota Internet yang cukup banyak. Dari mulai kelas daring dengan Zoom atau aplikasi lainnya, upload tugas sekolah yang kadang berupa video, atau untuk video call melepas kangen bersama teman-teman sekolah. Bagi para orang tua yang WFH, tentunya sering mengikuti meeting secara daring selama berjam-jam atau juga mengakses video atau film untuk hiburan selama physical distancing.

Jangan sampai kuota Internet dan anggaran bulanan Anda jebol karena hal ini. Ini dia tips untuk menghemat kuota Internet di Android:

  1. Pilih unlimited atau batasi limit

Lebih baik pilihlah paket Internet yang unlimited daripada kuota. Memang harganya umumnya sedikit lebih mahal, tetapi Anda tak perlu khawatir kuota habis saat sedang di tengah kelas daring atau meeting penting.

Jika Anda tetap memilih paket kuota, batasilah penggunaan data maksimal di ponsel dalam menu setelan di ponsel Anda.

2. Atur pembaruan aplikasi hanya saat ada WiFi

Pada menu pengaturan ponsel, pilih pembaruan aplikasi secara otomatis hanya saat ada WiFi. Dengan begitu, saat Anda menggunakan kuota, ponsel Anda tidak akan melakukan pembaruan aplikasi yang dapat terjadi cukup sering dan dapat memakan kuota yang cukup banyak.

3. Mengakses video streaming dengan bijak

Batasilah penggunaan aplikasi yang dapat memakan kuota banyak. Mengakses video streaming lewat YouTube atau menonton film akan memakan banyak kuota. Membuka Instagram yang terlalu sering juga memakan banyak kuota, terutama untuk membuka postingan yang berupa video.

4. Gunakan browser yang hemat data

Jika Anda hobi mencari informasi dengan browsing Internet, ini juga bisa memakan banyak kuota. Gunakan aplikasi browser yang tidak memakan banyak kuota, misalnya Opera Mini atau Opera Turbo.

5. Bijak menggunakan Maps

Aplikasi untuk mendukung saat di perjalanan seperti Google Maps dan Waze juga akan memakan banyak kuota jika Anda menggunakannya secara daring. Untuk menyiasatinya, unduhlah peta offline terlebih dahulu, dan atur aplikasi peta dalam mode luring saat perjalanan.

Itulah beberapa tips untuk menghemat pemakaian kuota Internet. Jangan lupa pantau selalu promo dan diskon paket Internet agar menjadi semakin hemat.

 

 

Taruhan Online dan Masa Depannya di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara besar di dunia. Sebagai sebuah negara dengan kurang lebih 17.500 pulau, Indonesia juga dikaruniai dengan keberagaman masyarakat dari berbagai latar belakang. Meski demikian, ada salah satu hal yang nampaknya membuat seluruh bangsa Indonesia satu. Hal tersebut adalah penolakan terhadap segala aktivitas taruhan atau perjudian.

Indonesia: Negara yang Keras Menentang Perjudian

              Di tengah maraknya negara-negara Asia menerima perjudian, Indonesia nampaknya tidak menunjukkan minat untuk mengikuti langkah serupa. Meski kerap diiming-imingi dengan pendapatan dari sektor perjudian seperti m88, jika dilegalisasi, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, namun tidak sedikitpun pemerintah Indonesia bergeming dan mengubah keputusannya.

              Bahkan, berbagai elemen masyarakat hingga lembaga pemerintah dengan tegas menyatakan penolakan mereka terhadap segala aktivitas yang terkait dengan perjudian, baik langsung maupun tidak langsung. Pad atahun 2012, misalnya, Kementerian Sosial, Agama, dan Kominfo bahkan meluncurkan rencana untuk menyusun produk legislasi terkait perjudian. Menruut rencana awal,p roduk legislasi ini dirancang untuk melarang segala bentuk perjudian online atau daring.

              Tindakan ini diambil sebagai tindak tegas terhadap laporan yang mengatakan bahwa sejumlah besar Rupiah telah digunakan sebagai mata uang untuk taruhan di ajang liga Euro 2012. Bahkan menurut salah satu media lokal, jumlah yang dipertaruhkan setidaknya mencapai miliaran rupiah, hanya pada perhelatan kegiatan tersebut. Media yang sama bahkan melaporkan bahwa tidak sedikit anggota masyarakat yang rela menjual rumah mereka semata-mata demi membiayai kegiatan taruhan mereka.

Penerapan hukum agama

              Selain penerapan larangan oleh  pemerintah, faktor lain yang turut mendorong pelarang aktivitas taruhan adalah penerapan hukum agama. Masyarakat Indonesia memang telah lama dikenal sebagai masyarakat yang agamis. Sebagian besar, jika tidak seluruh, agama dan kepercayaan di Indonesia memandang tindakan taruhan sebagai tindakan tabu dan akan diganjar dengan dosa yang berat.

              Oleh karena itu, pihak-pihak yang bermain taruhan, termasuk daring, kerap diberikan sentiment negatif oleh masyarakat. Bahkan, tak jarang ada oknum masyarakat yang menerapkan main hakim sendiri kepada orang-orang yang diduga terkait dengan aktivitas taruhan.

              Dorongan dari masyarakat jugalah yang kemudian ikut memaksa pemerintah untuk bertindak tegas terhadap segala aktivitas yang terkait dengan taruhan. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika turut mengambil peran dengan memerintahkan para penyedia layanan internet di Indonesia atau ISP melakukan pemblokiran terhadap DNS yang diduga terafiliasi dengan tindakan tersebut.

              Meski peraturan dan masyarakat jelas menentang, namun hal ini tidak serta merta berarti industri taruhan online mati di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari masih tingginya akses yang dilakukan pengguna internet dari Indonesia terhadap situs-situs taruhan yang sebagian besar beroperasi dari luar negeri. Bahkan tak sedikit platform taruhan yang dengan terang-terangan menerima pendaftaran hingga mata uang dari Indonesia.

Industri Taruhan Indonesia Berkembang Pesat

              Terlepas dari upaya pemblokiran yang dilakukan pemerintah hingga penolakan masyarakat, nyatanya aktivitas taruhan online masih dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Ada begitu banyak platform taruhan yang dengan gambling menawarkan kesempatan taruhan bagi pengguna dari Indonesia.

              Dari begitu banyak ajang taruhan yang ditawarkan, biasanya taruhan olahraga dan kartu mampu menyedot hingga jutaan atau bahkan ratusan juta rupiah setiap harinya. Hal ini memang tidak mengejutkan setelah adanya laporan bahwa rumah taruhan lokal saja mampu mengantongi omzet hingga ratusan juta setiap harinya.

              Di antara taruhan olahraga yang ditawarkan, belakangan ini pertandingan bulu tangkis mulai menjajaki popularitasnya. Bulu tangkis sendiri memang merupakan salah satu olahraga dengan basis penggemar besar di Indonesia. Bahkan banyak orang percaya, satu-satunya olahraga yang mampu menyaingi jumlah penggemar bulu tangkis adalah sepakbola sendiri.

              Wajar memang melihat dukungan masyarakat yang begitu besar. Hal ini tidak terlepas dari prestasi gemilang atlet-atlet bulutangkis Indonesia di kancah global. Hal ini jugalah yang kemudian dijadikan para pengelola ajang taruhan untuk meraup untung dari para pecinta taruhan yang berasal dari Indonesia.

              Selain bulu tangkis, beberapa pengelola situs taruhan bahkan secara gambling menawarkan beberapa olahraga tradisional. Dua di antaranya adalah pencak silat dan sepak takraw. Upaya ini bisa saja dilakukan untuk memberikan kesan bahwa tidak ada salahnya bermain taruhan. Dari segi jumlah pengguna aktif, nampaknya upaya ini cukup berhasil. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengguna yang bertaruh di ajang ini dengan angka mencapai ribuan orang setiap harinya.

Masa Depan Taruhan Online di Indonesia

              Sejak tahun 2012, pemerintah Indonesia telah mengambil beberapa langkah tegas dalam menyelesaikan permasalah taruhan daring di Indonesia. Salah satu di antaranya adalah melakukan pemblokiran terhadap situs-situs yang diduga terafiliasi atau menyediakan layanan taruhan. Tindakan ini dilakukan bersama-sama dengan seluruh penyedia layanan internet di Indonesia.

              Meski demikian, upaya yang dilakukan pemerintah tersebut nyatanya belum cukup efektif dalam menekan angka aktivitas taruhan online di negeri ini. Tindakan pemblokiran justru mendorong oknum masyarakat mencari cara untuk tetap bisa mengakses situs-situs yang sedianya diblokir tersebut. Di samping itu, beberapa situs taruhan bahkan dengan terang-terangan menerima pendaftaran para pengguna dari Indonesia.

              Hingga saat ini, satu-satunya bentuk yang paling mendekati taruhan yang diizinkan pemerintah adalah undian. Itu pun tindakan ini harus dilakukan di bawah pengawasan dari kementerian terkait, dalam hal ini Kementerian Sosial. Sampai suatu ketika nanti di masa depan, pemerintah melakukan perubahan dengan mengizinkan aktivitas taruhan di Indonesia, platform-platform taruhan yang berasal dari luar negeri jugalah yang masih akan menjadi satu-satunya harapan bagi para petaruh asal Indonesia untuk melakukan aktivitas mereka.

Bagaimana Perkembangan 5G di Indonesia?

Bagaimana Perkembangan 5G di Indonesia?

Akhir-akhir ini menjelang akhir tahun, jaringan 5G semakin sering dibahas oleh berbagai perusahaan teknologi dunia. Jaringan yang rencananya ini akan mulai banyak diterapkan tahun 2019 memang membuat sejumlah perusahaan provider dan tekologi terus melakukan pembelajaran sehingga bisa menerapkan jaringan yang diprediksi memiliki kecepatan 10 kali lipat dari 4G ini beredar secara luas diberbagai negara.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia?

Di Indonesia, pertumbuhan penggunaan jaringan internet khususnya mobile memang sangat pesat. Mulai dari hadirnya 3G hingga kini 4G, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia memang diprediksi akan semakin subur. Banyaknya layanan dan inovasi yang hadir membuat penggunaan akan internet memang terus mendominasi hingga membuat pra provider dituntut bisa memberikan internet dengan kecepatan tinggi dan stabil.

Untuk jaringan 4G sendiri, di Indonesia sebenarnya penyebarannya sudah cukup baik. Memang masih banyak beberapa daerah yang di Indonesia yang belum terjangkau layanan jaringan 4G, meski demikian – di berbagai kota-kota besar di Indonesia, rasanya saat ini sudah tidak sulit lagi untuk mendapatkan jarinagn 4G yang bisa digunakan untuk berbagai hal.

4G dulu, 5G kemudian

Ketika negara lain sudah melakukan berbagai penelitian dan juga demo terkait jaringan 5G, bahkan China memiliki ambisi lebih besar lagi dengan 6G – Indonesia bisa dikatakan sebagai negara yang tidak begitu tertinggal dalam penerapan teknologi. Memang Indonesia tidak bisa dijadikan sebagai kategori negara yang memiliki jaringan internet yang cepat seperti negara maju lain.

Kendati demikian, sejumlah provider di Indonesia sendiri sudah mulai mempelajari dan menerapkan jaringan 5G.

Telkomsel, XL Axiata dan Indosat sudah memulai proyek jaringan 5G dan telah melakukan demo yang juga saat itu bisa dinikmati langsung oleh pengunjung. Para pengunjung yang hadir di acara demo jaringan 5G berbagai provider ini bisa menikmati pengalaman bagaimana penggunaan jaringan masa depan 5G.

Tahun 2024 menurut laporan terbaru Ericsson nantinya sebanyak 40 persen wilayah dunia sudah terjangkau oleh jaringan 5G.

Jika dilihat dari perkembangan 4G di Indonesia, tampaknya tahun 2024 – jaringan 5G masih belum bisa dinikmati secara massal oleh masyarakat Indonesia. Penyebaran jarinagn 4G saat ini pun terbilang belum merata sehingga tampaknya penyebaran lebih luas terhadap 4G akan lebih diprioritaskan ketimbang langsung masuk ke 5G.

Wow, China Ancang-ancang Bangun Jaringan 6G!

Wow, China Ancang-ancang Bangun Jaringan 6G!

Baru-baru ini sejumlah negara maupun perusahaan teknologi sedang gencar-gencarnya mulai melakukan demo untuk jaringan 5G. Jaringan generasi baru ini nantinya akan menggantikan 4G yang saat ini masih menjadi paling tinggi di dunia.

Kehadiran jaringan 4G di Indonesia sendiri belum merata. Meskipun sudah banyak kota di Indonesia yang terjangkau jaringan 4G, tetapi tidak semua daerah khususnya yang terbilang jauh dari kota yang sudah terdampak jaringan 4G.

Kini, jika di Indonesia masih sibuk dengan pembenahan jaringan 4G untuk bisa dinikmatmi semua masyarakat diseluruh daerah, perusahaan dan negara lain juga telah mempersiapkan untuk merealisasikan jaringan 5G. Tetapi ini belum seberapa jika dibandingkan China yang ternyata memiliki langkah yang jauh lebih besar lagi dengan persiapan untuk membangun jaringan 6G! ya, ini tidak salah, karena memang China sedang berancang-ancang untuk mulai mempelajari infratruktur jaringan 6G yang diklaim bisa mendownload 100 film hanya dalam 1 detik saja!

Abacus melaporkan bahwa pemerintah Chian kinisedang bersiap untuk membangun jaringan 6G yang diprediksi akan mulai digarap tahun 2020 mendatang. Laporan ini pertama kalinya di ungkapkan oleh China Securities Times yang mengutip dari pernyataan Su Xin, pemimpin kelompok kerja teknologi 5G di Kementerian Industri dan Teknologi Informasi.

Baru akan terealisasi tahun 2030

Meskipun China diprediksi akan menjadi negara pertama yang mengembangkan teknologi 6G, tetapi ternyata untuk bisa menikmati layanan 6G secara masal masih dibutuhkan waktu yang cukup lama. China diprediksi baru bisa menerapkan secara luas jaringan 6G pada tahun 2030 mendatang, artinya itu masih membutuhkan 12 tahun dari tahun 2018.

Kecepatan 6G diprediksi bisa menjangkau 10 kali lipat dari jaringan 5G yang diprediksi baru akan berkembang pada tahun 2019 mendatang.

Dengan kecepatan internet yang sangat tinggi dari 6G nanti, internet ini diprediksi mampu mendownload 100 film hanya dalam 1 detik saja!

Dengan kecepatan 1 TB perdetik jika sesuai dengan prediksi, maka mendownload suatu film seperti film hanya akan memakan waktu yang amat singkat. Bayangkan jika ini dilakukan oleh teknologi saat ini, hal ini masih menjadi hal yang belum bisa dijangkau secara umum.

Apakah nantinya internet memang benar-benar bisa mengakses atau mendownload file 100 film hanya 1 detik? waktu yang akan bisa menjawabnya.

Indonesia Termasuk Negara Streaming Video Terburuk

Indonesia Termasuk Negara Streaming Video Terburuk

Pertumbuhan internet di Indonesia memang sangat tinggi. Pertumbuhan ini sendiri diprediksi masih akan terus meningkat seiring dengan berbagai perbaikan infrastruktur pendukung internet. Bagaimana pun, internet saat ini sudah bukan lagi suatu hal yang sulit ditemukan, dan saat ini juga internet berperan sangat besar dalam kehidupan masyarakat zaman sekarang.

Berbagai kebutuhan kini sudah bisa lebih dimudahkan berkat hadirnya internet. Mulai dari pekerjaan, pendidikan hingga berbagai hiburan – semuanya kini bisa didapatkan berkat adanya internet.

Meskipun internet di Indonesia sudah cukup terjangkau di hampir semua wilayah, tetapi memang jika dibandingkan dengan beberapa negara lain – internet Indonesia termasuk yang cukup lambat. Hal ini memang wajar mengingat negara lain telah memulai untuk membenhai internet lebih dahulu jika dibandingkan Indonesia.

Ternyata, Indonesia menurut laporan OpenSignal menempati peringkat 9 terbawah dalam hal kualitas streaming video. Laporan tersebut memberikan informasi bahwa internet atau streaming video di Indonesia ternyata masih termasuk kategori terburuk. Setidaknya survei ini dilakukan di 69 negara dan Indonesia berada ditempat 9 dari bawah.

Internet menjadi kebutuhan utama saat ini

Tak bisa dielakkan, saat ini internet sudah hadir dan menjadi salah satu kebutuhan utama. Tidak bisa dibayangkan bagaimana jadinya berbagai layanan umum tanpa adanya internet. Internet membuat segala kemudahan itu bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Memang mungkin internet di Indonesia belum terlalu maksimal, tetapi progres perkembangan internet yang ada di Indonesia terbilang cukup menggembirkan. Hal ini setidaknya bisa kita lihat bagaimana persaingan provider penyedia internet yang menawarkan berbagai penawarn internet menarik dengan harga yang relatif terjangkau, hal ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu.

Kedepannya, kualitas internet di Indonesia diprediksi terus berkembang dan semakin lebih baik. Dengan internet yang nantinya akan terus berkembang, Indonesia diharapkan bisa mendapatkan berbagai manfaat dengan penggunaan internet yang ada. Pertumbuhan yang juga dibarengi dengan berbagai inovasi bisa mendorong berbagai industri yang berdampak pada kemajuan ekonomi Indonesia secara luas.

Semoga kedepannya internet di Indonesia akan lebih baik dan lebih baik lagi. Karena bagaimana pun, salah satu indikator negara maju bisa dilihat bagaimana infrastruktur seperti halnya internet bisa maju dan mudah ditemui.

Kominfo Akan Keluarkan Aturan Hak untuk Dilupakan

Kominfo Akan Keluarkan Aturan Hak untuk Dilupakan

Right to be forgotten atau hak untuk dilupakan merupakan aturan untuk meminta pihak-pihak terkait dalam hal ini adalah perusahaan digital untuk menghapus pencarian untuk orang yang meminta. Dengan meminta hak tersebut, seseorang bisa menghapus jejak digitalnya baik mereka yang masih hidup atau mereka yang sudah mati(melalui keluarga).

Hak ini sebenarnya sudah ada di Indonesia, tetapi aturan lebih rinci mengenai hal ini masih terus dibahas oleh Kominfo selaku pihak yang berwenang.

Dalam hal tersebut, Kominfo telah mempersiapkan rencana mengeluarkan Peraturan Menteri(Permen) yang akan mengatur hak untuk dilupakan masyarakat Indonesia. Menurut Dirjen Aplikasi dan Informatika Semuel Pangerapan, Permen ini masih dalam tahap pembahasan tetapi akan dikeluarkan tidak lama lagi.

Pihak Kominfo juga akan berkonsultasi terhadap sejumlah pihak seperti aktivis, kepolisian, dan kejaksaan sebelum mengeluarkan aturan untuk dilupakan tersebut. Rencananya, Permen ini akan dikelaurkan dengan aturan yang sangat rinci sehingga akan memberikan perlindungan bagi masyarakat Indonesia yang ingin menggunakan hak tersebut.

Aturan berwenang untuk hak dilupakan

Pasal 15 A ayat 1 draft revisi Peraturan Pemerintah No.82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE) telah terdapat poin yang berkaitan dengan hak untuk dilupakan. Dalam Aturan tersebut mewajibkan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) juga terdapat aturan bagi mesin telusur seperti Google untuk menghapus hasil pencarian terhadap orang yang meminta hak untuk dilupakan.

Aturan tersebut tercatat dalam Pasal 26 ayat 3 UU ITE dan penghapusan harus melalui permintaan dan putusan pengadilan terlebih dahulu.

Dengan menerapkan dan merevisi lebih rinci aturan untuk dilupakan ini, nantinya masyarkat Indonesia yang tidak ingin riwayat dirinya tersebar di internet bisa menggunakan haknya untuk dilupakan. Dengan menggunakan aturan ini, nantinya pihak yang diminta dilupakan tidak akan muncul lagi dari hasil penelusuran baik sosial media maupun mesin pencari seperti Google. Orang yang ingin menjaga kehidupan kencan mereka tetap pribadi akan mendapat manfaat dari aturan ini.

Jejak digital bagi siapa saja yang tidak nyaman untuk berbagai alasan bisa memanfaatkan aturan yang akan dikeluarkan oleh Kominfo.

Batas privacy sendiri menjadi banyak alasan seseorang ingin dilupakan dari internet. Tak jarang berbagai postingan terkait masa lalu membuat seseorang menjadi tidak nyaman sehingga ingin menghapus jejak digital tersebut.