Perbedaan 3G dan 4G

Perbedaan 3G dan 4G

Perbedaan 3G dan 4G

Teknologi seperti tidak habisnya untuk selalu berkembang. Saya bisa mengatakan demikian, karena hampir tiap hari selalu ada teknologi baru yang ditemukan. Tentunya teknologi tersebut merupakan teknologi yang harus berguna untuk kita serta orang lain dan pastinya bernilai positif. Yang lucunya adalah saat kita mempelajari sebuah teknologi tiba-tiba muncul teknologi yang lebih baru lagi. Sama seperti teknologi jaringan pada telekomunikasi saat ini.

Yang terbaru dan paling gencar adalah jaringan 4G yang sudah mulai mewabah disekitar kita. Dan teknologi terbarukan ini membuat banyak operator layanan telekomunikasi berlomba-lomba mengubah sistem jaringan yang sebelumnya 3G menjadi 4G. Dan pada akhirnya seperti yang kita lihat saat ini, semua operator berlomba-lomba menawarkan harga yang lebih murah dan pastinya lebih baik. Benarkan jaringan 4G akan lebih baik dari generasi sebelumnya?

Apa perbedaannya antara 3G dengan 4G? Seberapa cepat perbandingannya? Apakah saya harus mengganti gadget saya agar bisa digunakan sebagai 4G juga? Tapi mungkin pertanyaan yang lebih tepat adalah seberapa bergunanya 4G bagi kita sedangkan jaringan 3G sudah lebih dari cukup membantu kita selama ini. Bagaimana kita mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara ke-2 jaringan ini? 3G dengan 4G.

3G sendiri merupakan generasi ke-3 dari teknologi untuk jaringan telekomunikasi seluler. Dimana 3G akan menggunakan Sistem Universal Mobile Telecommunications dan pastinya jaringan 3G ini berdasar pada standar GSM. Jaringan pada 3G juga memberikan pada penggunanya kecepatan dalam transfer data 384 kbit dalam 1 detiknya.  Walau juga bisa diterapkan sampai dengan 42 Mbits/detik. Dan dulunya jaringan 3G dipastikan lebih cepat dari EDGE dimana kita akan sangat dimudahkan untuk mencari situs serta mengunduh musik.

Dan akhirnya kita sampai pada teknologi jaringan 4G yang pastinya merupakan generasi ke-4 dari jaringan telekomunikasi seluler. 4G sendiri memang muncul ditemukan karena sebuah kebutuhan dan keadaan. Keadaan seperti apa? Karena makin menjamurnya penggunaan smartphone serta kebutuhan akan cepatnya koneksi internet. 4G menjawab akan hal itu. Jadi apa perbedaannya?

Perbedaan terjelas dari jaringan 3G dengan 4G adalah masalah kecepatan. Tentunya generasi terbaru menjamin hal tersebut. Dimana 4G dijamin akan lebih cepat 10 kali lipat daripada kecepatan yang dimiliki oleh jaringan 3G saat ini. Artinya? Memutar streaming film akan lebih memuaskan dengan menggunakan jaringan 4G tanpa harus terputus-putus saat kita menggunakan jaringan 3G.

Perbedaan 3G dan 4G

Jadi jika melihat perbedaan seperti itu, mana yang akan kamu pilih? Tentunya bagi yang maniak akan teknologi, jaringan 4G akan dilahap tanpa harus berpikir panjang. Kemungkinan untuk mengganti operator jaringan dan mengganti gadget menjadi caranya untuk melakukan hal tersebut. Tapi jika kita mau berpikir sedikit apa yang sebenarnya kita butuhkan BUKAN apa yang kita inginkan, kita mungkin akan menjadi manusia bijak dalam hal ini.

1 thought on “Perbedaan 3G dan 4G”

  1. I needed to thank you for this great read!!

    I absolutely enjoyed every little bit of it. I have you saved as a favorite to look at new stuff
    you post…

Leave a Reply

Your email address will not be published.